Makalah DRAINASE PERKOTAAN

· Uncategorized
Authors

SISTEM DRAINASE DAERAH JELUTUNG KOTA JAMBI PROVINSI JAMBI

BAB I

PENDAHULUAN

                                                                                   

1.1             Latar Belakang

Pertumbuhan penduduk dan kepadatan penduduk yang cepat menimbulkan tekanan  terhadap  ruang  dan  lingkungan  untuk  kebutuhan  perumahan kawasan  jasa/industry  yang  selanjutnya menjadi kawasan  terbangun. Kawasan  perkotaan  yang  terbangun  memerlukan  adanya  dukungan prasarana  dan  sarana  yang  baik  yang  menjangkau  kepada  masyarakat berpenghasilan menengah dan rendah.

Kerugian yang ditimbulkan oleh genangan dan luapan air permukaan tidak hanya berakibat pada aspek kenyamanan lingkungan (terutama pada pasca banjir) atau terganggunya aktifitas kehidupan penduduk dan perkotaan secara umum, tetapi juga berpotensi menimbulkan penyakit bagi masyarakat.

Masalah genangan dan luapan yang terjadi di sebelah utara dari jalan hayamwuruk kota Jambi Kelurahan Jelutung dan sekitarnya lebih didominasi oleh faktor penyebab yang alamiah, meskipun demikian kontribusi aktifitas masyarakat juga ikut mempengaruhi seperti adanya kegiatan pemukiman, pembuangan sampah yang bermuara didalam saluran drainase dan lain-lain.

Selain itu, genangan dan luapan juga bisa disebabkan belum terciptanya sistem irigasi yang tertata dengan baik atau desain drainase yang ada dan yang tidak lagi sesuai dengan kondisi dan potensi luapan dan genangan yang terjadi (volume air genangan dan luapan sudah lebih besar dibandingkan dengan kapasitas saluran drainase).

Permasalahan Drainase Perkotaan yaitu banjir. Banjir merupakan kata yang sangat popular di kota-kota besar, khususnya pada musim hujan, mengingat hampir semua kota di Indonesia mengalami bencana banjir.

Peristiwa banjir hampir setiap tahun berulang, namun permasalahan ini sampai sekarang belum terselesaikan bahkan cenderung meningkat, baik frekuensinya, kedalamannya maupun durasinya.

Masalah-masalah tersebut diatas memerlukan pemecahan pengelolaan yang diantaranya mencakup bagaimana merencanakan suatu  sistem  drainase yang baik, membuat perencanaan terinci. melakukan restrukturisasi institusi dan peraturan terkait, dan membina partisipasi masyarakat untuk ikut memecahkan masalah drainase.

Dikarenakan permasalahan yang cukup komplek maka itulah penulis mengambil judul: SISTEM IRIGASI DAERAH JELUTUNG KOTA JAMBI PROVINSI JAMBI

1.2       Kondisi Drainase Dan Permasalahan Yang Ada

1.2.1    Saluran Drainase Yang Ada

Sistem drainase di Kecamatan Jelutung berasal dari beberapa sumber antara lain :

  1. Buangan dari rumah tangga
  2. Buangan dari perdagangan
  3. Buangan dari industry sedang maupun ringan
  4. Buangan dari pendidikan
  5. Buangan dari kesehatan
  6. Buangan dari tempat peribadatan
  7. Buangan dari sarana rekreasi

Jenis drainase yang ada di lokasi kajian sekarang merupakan jenis drainase alamiah dan buatan, dimana jaringan drainase buatan terdapat pada lokasi perumahan, kawasan industry, taman, jalan raya dan sarana umum lainnya. Struktur Jaringan drainase buatan merupakan struktur dari beton atau pasangan bata merah dan plesteran,sedangkan jaringan drainase alamiah merupakan jaringan drainase yang telah ada. hasil dari run off air pada saat hujan pada daerah-daerah atau lahan kosong yang lebih rendah, secara umum jaringan ini merupakan parit –parit atau anak sungai yang telah ada di lokasi .

Aliran pembuangan dari drainase buatan yang bersumber dari pemukiman, kawasan industry, jalan raya dan lainnya, menuju ke saluran drainase alamiah yang terdekat dengan aliran pembuangan tersebut.

Dilokasi telah ada saluran sekunder yang dibuat permanen diantaranya:

  1. Saluran drainase sekunder di kiri kanan Jalan Prof. Muh. Yamin, Jalan Sumantri Brojonegoro, Jalan Sultan Agung dan Jalan MH. Thamrin.
  2. Saluran Drainase Jalan Prof. Muh. Yamin hulunya berada di perbatasan Kecamatan Jelutung dan Kecamatan Kota Baru di Sebelah Selatan, sedangkan hilirnya berada di perbatasan antara Kecamatan Jelutung dan Kecamatan Pasar Jambi di dekat pertigaan Jalan Sri Kuning.
  3. Saluran Drainase Jalan Sumantri Brojonegoro hulunya berada di perbatasan Kecamatan Jelutung dan Kecamatan Telanai Pura di Sebelah Barat Daya, sedangkan hilirnya menuju ke saluran drainase Jalan Sumantri Brojonegoro di simpang tiga dekat Apotek Beradat.
  4. Saluran drainase sekunder di kiri kanan Jalan Jendral Sudirman dan Jalan Gatot Subroto.
  5. Saluran Drainase Jalan Jenderal Sudirman hulunya berada di perbatasan Kecamatan Jelutung dan Kecamatan Jambi Selatan di Sebelah Tenggara, sedangkan hilirnya berada di perempatan lampu merah Jelutung.
  6. Dari saluran diatas aliran berlanjut ke Drainase Jalan Gatot Subroto yang berakhir di pertigaan jalan Makalam dekat Bank Mandiri Pasar.

Di lokasi kajian juga terdapat dua saluran drainase alamiah yang merupakan Saluran Drainase Primer, yaitu :

  1. Sungai Sialang Arah aliran Sungai Sialang mulai dari hulu yang berada di perbatasan Kecamatan Jelutung dan kota Baru di sebelah Selatan dan berakhir atau bermuara di Sungai Asam.
  2. Sungai Asam Arah aliran Sungai Asam mulai dari hulu yang berada di Perumahan Permadani Asri di Kelurahan Kebon Handil Kecamatan Jelutung di sebelah Selatan dan berakhir atau bermuara di Sungai Batanghari yang sebelumnya melewati Kecamatan Pasar.

Air buangan dari beberapa sumber tersebut pada akhirnya bermuara di sungai besar yaitu Sungai Batanghari. Sebelum aliran drainase masuk ke sungai Batanghari, terlebih dahulu mengalir melalui saluran drainase yang berada di setiap kawasan dan menuju ke satu drainase primer salah satunya yaitu Sungai Asam yang menampung air buangan dari seluruh kota sebelum bermuara ke sungai.

1.2.2    Bangunan Pelengkap

Selain saluran drainase, di lokasi kajian juga ditemukan bangunan-bangunan pelengkapan yang terdapat pada saluran drainase baik saluran tersier, sekunder dan drainase primer, yaitu Gorong-gorong, jembatan dan bangunan pelengkap lainnya

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: